Serunya festival “Angin” di #Vidafest 2016


Weekend kemarin, tepatnya Sabtu, 22 Oktober, saya habiskan dengan sangat menyenangkan. Kenapa? Karena sudah sekian lama tidak keluar dari rutinitas dan datang ke sebuah festival yang banyak acaranya, komunitasnya, makanan enaknya 😀

Adalah sebuah festival yang saya datangi weekend kemarin, bernama Vidafest. Festival ini diadakan satu hari penuh di InSitu – Bumiwedari, di daerah perumahan Vida Bekasi, Jawa Barat. Vida Bekasi sendiri adalah sebuah kawasan hunian terpadu seluas 130 Ha yang dikembangkan oleh Gunas Land di Narogong, Bekasi, dengan konsep Tropical Urbanism , dirancang oleh arsitek asal Indonesia, Andra Matin.

vida bekasi

Rangkaian acara di Vida Festival dimulai dari pagi sekali, namun saya baru datang sekitar jam 11.20 bersama teman-teman, kami langsung menuju sebuah coffee shop bernama Little Talk Coffee. Di sana sedang ada diskusi seru tentang kopi dan juga coffee cuping (coffee tasting) dipandu oleh mas Satria, barista dari Yellow Truck Coffee. Kami pun memperhatikan dengan teliti apa yang disampaikan oleh mas Satria, mulai dari proses menggerus kopi, menyeduhnya, lau disaring dengan teknik v60. Saya sendiri penyuka kopi tubruk, namun ada istilah baru yang saya dapatkan yaitu “body kopi”. Kopi yang dipanggang secara medium dan pekat akan memiliki body yang lebih berat dibanding dengan kopi yang dipanggang ringan.

little

Oiya, Jadi, Little Talk Coffee ini adalah fasilitas terbaru tahun ini di Vida Bekasi sejak diresmikan 2013 lalu. Kedai kopi ini konsepnya casual, dan sangat nyaman untuk sekadar duduk membaca buku sambil ngopi sore hari. Coffee Shop ini pun bisa jadi tempat berkumpulnya komunitas di Vida Bekasi untuk berkolaborasi, misalnya untuk forum diskusi, talk show, screening film, dan acara kreatif lainnya.

Sementara saya sedang menunggu pesanan makan siang, saya jalan keluar area Little Talk Coffee, dan mendengar suara dengung yang kemudian saya kenali sebagai suara Drone. Yak betul, sesuai temanya tahun ini(festival Vida Bekasi sudah ada tahun 2015 dengan tema pesta rakyat), Angin, Vida Festival menerjemahkan konsep ini dengan aktivitas seperti festival layang-layang dan atraksi drone race. Jalan beberapa meter lagi ke depan, ada temen-temen dari komunitas Artherapy Movement yang sedang asik membuat mural di sebuah sudut. img_0182

img_0074
instalasi kincir angin yang merepresentasikan tema vidafest 2016: Angin

Yang saya lihat, core dari Vida Festival ini adalah kolaborasi berbagai komunitas lokal. Selain yang sudah disebut di atas, ada komunitas lain seperti: Farm4Life, Genus Organik, Taman Baca Umi, Waste4Change, Binus Center, Bekasi Berkebun, Javara, Bekasi Tugu Skateboarder, Kedubes Bekasi. Jadi dengan diadakannya festival ini, potensi komunitas bisa ditampilkan dan diapresiasi oleh masyarakat.

Lanjut ke diskusi kedua, ada bapak-bapak dari Farm4Life & Genus Organik yang sharing tentang tanaman organik dan kebun organik seluas 2 hektar yang dikembangkan Vida Bekasi. Menarik banget, pupuk komposnya diolah dari sampah organik bekerja sama dengan Waste4Change, lalu semua hasil tanaman organik ini didistribusikan ke Jawara Food Hall.

img_20161022_131359
daun dan kembang ini bisa dimakan, lho!
img_20161022_131422
jelly pepaya, enak!

Kemudian, ada talk show dari Binus Center juga, yang berbagi tentang Internet of Things, bahwa, semua aspek kehidupan manusia zaman sekarang bisa terintegrasi dengan aplikasi di satu smartphone. Saya sempat mencoba alat ukur tensi yang displaynya langsung terkoneksi ke smartphone. Hasilnya? Tekanan darah saya cukup tinggi! LoL (orang padang, biasaa)

Kemudian kami diajak melihat kebun organik di Distrik satunya, Bumipala, oiya, Vida Bekasi dibagi jadi dua Distrik, Area Vidafest yang kami singgahi pertama tadi adalah Distrik Bumiwedari. Di Distik Bumipala, Kami diajak melihat ke Arena Sports Club yang berisi kolam renang, lapangan badminton, futsal, dan playground, serta Jawara Food Hall. Lengkap banget rasanya, warga Vida Bekasi seperti tak perlu lagi keluar dari kawasan Vida Bekasi untuk memenuhi kebutuhan harian atau hiburan di akhir pekan.

Di seberangnya, ada lahan tempat Farm4Life & Genus Organik bercocok tanam.

misc

 

Hebatnya, di Vida Bekasi, ada Rumah Pemulihan Material, semua sampah yang sebelumnya sudah dipisahkan diolah lagi di sini. Cukup besar, ya?img_0173

balik ke Area Vidafest, kami langsung ke tenda besar yang di dalamnya berisi tenant komunitas-komunitas yang ikut berpartisipasi di sini.

 

menuju sore, kami bersiap pulang, setelah menyantap Mastah Pasta yang enak inih!

img_20161022_160120
nom nom nom

Bener-bener bahagia di Bekasi, weekend lalu. Semoga tahun depan bisa ikut keseruan di Vidafest dengan tema elemen lain, hmm, mungkin air?

 

*bonus

img_0168
kendaraan kami di #Vidafest, ODONG ODONG :))
Advertisements

7 thoughts on “Serunya festival “Angin” di #Vidafest 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s